PORODISA MAKES YOU FEEL HOME
Selamat datang di PORODISA.

Silahkan Login untuk masuk

Tips Merawat Kesehatan Mata

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Tips Merawat Kesehatan Mata

Post by Hein Lampah on Sat Feb 16, 2013 3:26 pm




Mata adalah salah satu pancara indra yang sangat perlu dijaga. Namun ditengahnya kota metropolitan atau di kota padat, rasanya tidak sanggup menghindari mata dari debu jalanan, ketika berkendaraan. Memakai Kacamata namun tidak semua orang senang dengan memakai kaca mata.

Untuk menghindari semuanya, tips berikut setidaknya dapat membantu kita untuk menghindari hal-hal yang dapat membahayakan mata.

1. Jika anda perokok, maka hentikanlah merokok, demi kesehatan mata anda dan mata pencaharian anda. Anda pasti sudah tahu bahwa merokok merugikan kesehatan. Namun, mungkin Anda belum tahu bahwa ada kaitan langsung antara merokok dan masalah mata. Jika Anda perokok, Anda berpeluang mengembangkan sejumlah penyakit mata seperti katarak, degenerasi makula, sindrom mata kering dan kerusakan saraf optik. Jika Anda sudah mencoba untuk berhenti merokok sebelumnya dan gagal, cobalah lagi. Studi menunjukkan bahwa semakin banyak Anda mencoba untuk berhenti merokok, semakin besar peluang keberhasilan Anda.

2. Kendalikan tekanan darah dan gula darah
Tekanan darah tinggi (hipertensi) yang tidak diobati dapat memengaruhi penglihatan dan bahkan menyebabkan retinopati hipertensif, yaitu kerusakan retina karena tekanan darah yang terlalu kuat. Retina adalah lapisan jaringan di bagian belakang mata. Kerusakan retina menyebabkan penglihatan terganggu.

3. Diabetes adalah salah satu penyebab utama kebutaan pada orang dewasa. Glukosa darah yang tinggi berkepanjangan dapat menyebabkan retinopati diabetik dan komplikasi mata lain seperti glaukoma dan katarak. Bila Anda memiliki diabetes, sangat dianjurkan bagi Anda untuk makan makanan yang sehat, memeriksa gula darah secara berkala dan meminum obat atau mengambil suntikan insulin sesuai instruksi dokter.

4. Gunakan pelindung mata
Jika Anda bekerja dengan bahan berbahaya, pakailah kacamata pelindung yang dapat melindungi mata Anda dari cedera, kerusakan, dan kebutaan. Kenakan kacamata atau helm berkaca ketika Anda mengendarai sepeda motor. Olahraga tertentu seperti tenis, hoki dan berenang juga dapat berisiko mencederai atau merusak mata. Pakailah pelindung mata seperti helm dan kacamata olahraga untuk melindungi Anda.

5. Dapatkan nutrisi terbaik untuk mata
Lindungi mata Anda dengan makanan di piring Anda. Makanlah makanan yang kaya akan antioksidan. Antioksidan dapat melindungi dan memperbaiki sel-sel mata dan sel-sel tubuh secara keseluruhan dari kerusakan oleh radikal bebas. Buah dan sayuran berwarna-warni cenderung kaya akan antioksidan.

Selain antioksidan, vitamin A secara khusus sangat diperlukan untuk pemeliharaan kesehatan mata. Vitamin A mendukung produksi rhodopsin yang merupakan pigmen mata yang sangat sensitif terhadap cahaya dan digunakan untuk melihat dalam kondisi pencahayaan yang buruk. Kekurangan vitamin A akan menyebabkan penyakit yang disebut rabun senja (jawa: kotok ayam) di mana seseorang tidak bisa melihat di cahaya remang-remang. Wortel adalah sumber utama pro-vitamin A.

6. Kunjungi dokter mata Anda.
Kunjungilah dokter mata untuk memantau kesehatan mata Anda sebelum masalahnya timbul. Kunjungan ke dokter mata untuk pemeriksaan rutin bisa dilakukan setiap satu atau dua tahun sekali, lebih sering jika Anda memakai kacamata atau lensa kontak. Segeralah mengunjungi dokter mata jika Anda mengalami infeksi mata atau gejala seperti penglihatan berkurang, penglihatan kabur, mata nyeri/kemerahan dan gatal-gatal di sekitar mata atau kelopak mata karena infeksi atau penyakit mata kronis yang dapat mengakibatkan kerusakan permanen atau kebutaan.
[img] (ctrl+p)[/img][img] (ctrl+p)[/img]http://imageshack.us/photo/my-images/651/index


Terakhir diubah oleh Hein Lampah tanggal Sat Feb 16, 2013 3:49 pm, total 2 kali diubah

Hein Lampah
Pengunjung Porodisa

Posts : 9
Join date : 16.02.13
Age : 34

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips Merawat Kesehatan Mata

Post by Hein Lampah on Sat Feb 16, 2013 3:27 pm

Smile Shocked Like a Star @ heaven

Hein Lampah
Pengunjung Porodisa

Posts : 9
Join date : 16.02.13
Age : 34

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips Merawat Kesehatan Mata

Post by Kaum Miskin on Mon Feb 18, 2013 7:51 am

Info yang sangat bermanfaat
Very Happy

Kaum Miskin
Anak Jalanan

Posts : 15
Join date : 16.02.13

Lihat profil user http://porodisa.forumc.net

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips Merawat Kesehatan Mata

Post by Sponsored content Today at 11:20 pm


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik